Notification

×

Iklan

Citizen Jurnalis, Mempublikasikan Peristiwa Yang Luput Dari Wartawan

07 May 2018 | Monday, May 07, 2018 WIB Last Updated 2018-06-13T19:11:41Z
Kampoeng News 
Jurnalis Warga mempublikasikan yang terlewat


Kampoeng News- Sering kita  melihat berbagai macam peristiwa yang terjadi dari yang positif dan yang  negatif, terjadi saat kita sedang dalam perjalanan,  sedang berwisata, sedang bekerja, ataupun peristiwa dan moment yang sering kita lihat disekitar kita.

Seluruh kejadian dan peristiwa sering terlewat begitu saja, tanpa ada yang mengabadikan dan mempublikasikanya ke khalayak.

Kenapa ini terjadi?  Karena diwilayah tersebut tidak ada seorang jurnalis atau wartawan yang meliput kejadian ataupun momen yang sedang atau telah terjadi.

Mengapa seorang wartawan tidak ada? Ya kita tahu jumlah wartawan di suatu wilayah cuma terbatas, dan tidak mungkin disetiap tempat ataupun daerah ditetapkan seorang wartawan.

Bahkan karena terbatasnya wartawan  media informasi sering mengambil berita yang sudah diekspos  oleh media lain kemudian mereka publikasikan kembali dengan gaya dan bahasa mereka  masing-masing.

Contohnya saya pribadi,  ada beberapa kali tulisan saya di blog yang saya buat gratisan yang bernilai informasi di copy paste oleh beberapa  media lokal untuk dipublikasikan di media mereka,  tanpa mencantumkan dari mana mereka mendapatkan informasi  tersebut.

Banyak peristiwa yang terjadi sering  terlewat dari pantauan seorang wartawan, sedangkan peristiwa dan kejadian tersebut terkadang  bernilai  berita dan informasi yang cukup bagus, namun karena tidak ada yang meliput maka hanya terlewat begitu saja.

Oleh karena itu seorang Citizen Jurnalis sangat dibutuhkan, untuk meliput dan mempublikasikanya ke khalayak banyak, Citizen Jurnalis adalah seorang warga biasa yang merekam dan mengabadikan suatu peristiwa kemudian mempublikasikan sesuai dengan  skil nya.

Untuk saat ini sudah ada beberapa media informasi yang menerima  menayangkan dan mempublikasikan kiriman informasi dari warga, baik media televisi maupun media cetak dan juga medi online.

Media televisi yang menerima kiriman informasi dari warga diantaranya : Metro tv, Net TV,  I News TV , Kompas TV. Di media online  juga ada seperti, Detik.com di Pasang mata, Okezone.com di ruang publik.

Dengan adanya program dan acara di berbagai media, maka peran seorang jurnalis warga / Citizen Jurnalis sangat terbuka luas untuk berkarya mengirimkan berita dan informasi yang mereka jumpai.

Untuk dapat mengirimkan berita dn informasi ke media  diatas tentunya kita harus menjadi anggota terlebih dahulu,  sehingga identitas diri kita bis mereka kenali dan tidak ragu nantinya menayangkan atau mempublikasikan berita dan informasi  yang dikirimkan.

Ayo jadi Citizen Jurnalis. ..Majukan daerah dengan  informasi. .....







×
Berita Terbaru Update