Notification

×

Iklan

Pos Ronda Dibiarkan Kosong! Waspadai pencuri Nyelonong.

20 March 2018 | Tuesday, March 20, 2018 WIB Last Updated 2018-03-22T05:19:02Z
Kampoeng News
Opini

Kampoeng News. - Pembangunan pos ronda di setiap desa di Kabupaten  Kampar sepertinya tidak sesuai dengan harapan, bagaimana tidak, pos ronda yang semestinya menjadi tempat menjaga keamanan Kampung, saat ini kosong dan tidak dan tidak dipergunakan lagi.

Keadaan ini bisa dilihat apabila kita melewati wilayah yang di setiap sudut jalan terdapat pos -pos ronda, bagi yang melihat bisa menyimpulkan bahwa pos ronda ini tidak dipergunakan  untuk  kegiatan poskamling atau penjagaan keamanan di wilayah setempat.

Jika melewati jalan di wilayah desa Salo, desa Siabu dan desa Ridan Permai akan terlihat pos - pos ronda yang sudah kotor dan tida dirawat, ini bukti bahwa pos kamling di daerah tersebut tidak dijalankan.

Beberapa tahun yang lalu hampir di seluruh wilayah di kabupaten Kampar,  khususnya di desa - desa di Kecamatan, ronda malam aktif dijalankan, sesuai dengan instruksi dari pemerintah daerah dan didukung dari aparat kepolisian.


Untuk saat ini  pos ronda terlihat sepi darikegiatan siskamling, ini bisa dirasakan di wilayah-wilayah yang jauh di pedesaan. Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga desa Siabu "saya sangat menyayangkan berhentinya kegiatan ronda malam ini, karena menurut saya  semenjak ronda malam ini berhenti,banyak kejahatan yang terjadi seperti pencurian, bahkan  beberapa bulan ini pencurian sering terjadi di desa ini, dua minggu yang lewat beberapa kerbau milik warga hilang karena dicuri, hingga saat ini tidak diketahui" Ungkapnya.

Kegiatan ronda malam sangat banyak manfaatnya, selain menjaga lingkungan juga dapat menghindarkan masyarakat dari kejahatan besar seperti pengedaran narkoba, perampokan, dan dampak negatif lainya.

Ini merupakan PR untuk pemerintah daerah masing-masing,  apakah pos ronda yang sudah dibangun akan dibiarkan saja Ngangkrak?  atau punya langkah jitu untuk mengaktifkan kembali kegiatan ronda malam, sehingga  tercipta keamanan  lingkungan.


×
Berita Terbaru Update