Notification

×

Iklan

Iklan

10 Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan

28 February 2021 | Sunday, February 28, 2021 WIB Last Updated 2021-03-01T07:26:26Z

KAMPOENG NEWS.COM. Kepada warga desa, jangan kawatir, sekarang ini ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa membawa kehidupan ekonomi Anda melesat cepat. Ini terjadi karena kini desa bukan lagi tempat terpencil yang identik dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa justru menjanjikan banyak peluang usaha yang luar biasa.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet adalah salah satu kekuatan yang menciptakan banyak peluang usaha rumahan di desa. Teknologi internet membuat desa tidak lagi ketinggalan dari kota.

Malah desa memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki orang-orang di kota. Hebatnya lagi, berbagai usaha modal kecil di desa bisa dikembangkan dengan skala modal kecil yang menguntugkan.

Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Ingatkah Anda, bertahun lalu jika Anda pergi ke tempat pangkas rambut maka Anda akan ditawari pilihan model rambut dari poster yang memuat berbagai gaya rambut andalan pria masa itu. Nah, sekarang gambar-gambar pada poster itu sudah tidak mujarab lagi. Soalnya di jaman ini tersedia jauh lebih banyak pilihan model rambut mutahir.

Terutama bagi anak muda jaman sekarang, potongan rambut tak cukup lagi dengan potongan yang rapi atau standar. Kini mereka akan datang dengan model yang terpampang pada layar telepon genggamnya. Semua orang saat ini yakin dan percaya, model rambut memiliki pengaruh besar mendongkrak penampilan mereka. Ini belum termasuk model cat rambut yang beraneka warna.

Bagi para perempuan, ada lebih banyak urusan lagi yang berhubungan dengan rambut ini. Beragam layanan bisa diberikan mulai dari creambath hingga perawatan kulit wajah dan sebagainya. Berbagai layanan ini sekarang sagat dibutuhkan warga desa dan termasuk peluang usaha rumahan di desa yang cukup jitu untuk mengeruk rupiah.

Membuka Jasa Menjahit

Usaha dibidang fashion adalah jenis peluang usaha modal kecil yang tidak ada matinya, termasuk usaha yang berhubungan dengan pakaian. Soalnya, sekarang ini semua orang pingin tampil ciamik di mata orang lain. Berbeda dengan jaman dahulu, pakaian bagi orang-orang di jaman sekarang bukan hanya sekedar lembaran kain penutup tubuh untuk memenuhi etika.

Melainkan telah menjelma menjadi estetika seni berpenampilan yang akan menunjukkan kelas sosial si pemakainya. Ditambah lagi maraknya berbagai model pakaian yang membuat semua orang rela merogoh kocek demi mendapatkan baju model paling anyar.

Masalahnya, bagi warga desa, mendapatkan pakaian baru bukan persoalan mudah karena jarak yang jauh dari kota dan harga yang tak bersahabat jika mereka harus selalu membeli di kota. Maka menjahitkan pakaian adalah cara yang bisa menjawab dua persoalan itu: mendapatkan pakaian sesuai keinginan dengan biaya yang tidak membuat kantung terkuras.

Belum lagi bagi orang yang badannya terlalu gemuk atau terlalu kurus. Maka membuka jasa menjahit menjadi peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda kembangkan. Soalnya, jasa ini benar-benar berdasar kemampuan personal seorang penjahit sehingga penjahit yang piawai membuat potongan pakaian yang bagus dengan kualitas jahitan yang baik bakal menjadi kombinasi yang membuat banyak orang rela antri mendapatkan jasanya.

Usaha di Bidang Makanan

Jika Anda suka meracik bumbu dan bahan makanan di rumah dan hasil racikan Anda mengundang decak-kagum sanak-saudara, ada baiknya Anda mulai memikirkan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini: kuliner.

Ini adalah usaha yang tidak ada matinya dan bisa dikembangkan dimanapun, kapanpun dalam skala modal berapapun. Kok bisa? Ya, karena Anda bisa memilih berbagai jenis makanan untuk dijual sesuai dengan kepiawaian Anda meraciknya.

Jika Anda jagoan mengolah menu khas desa, maka mulailah menyediakan berbagai jenis sayur dan lauk. Tak harus menyewa kios di pinggir jalan karena di desa, pemasaran paling handal adalah melalui ‘kekuatan mulut’ alias promosi dari mulut ke mulut.

Begitu beberapa orang cocok dengan cita rasa yang Anda tawarkan maka berita lezatnya masakan Anda bakal segera menyebar ke seantero desa. Hasilnya, setiap pagi bakal banyak kaum ibu yang datang membeli. Mereka adaah para ibu yang tak mau kehilangan waku dan tenaga karena harus berkutat di dapur sehingga memilih membeli sayur dan lauk saja.

Peluang usaha rumahan di desa dibidang makanan ini bisa ditingkatkan dengan cara menerima pesanan makanan dalam jumlah besar (catering) untuk acara-acara hajatan, pertemuan dan sebagainya. Semuanya cukup dikerjakan dan digelar di rumah saja.

Jasa Laundry

Siapa bilang membopong setumpuk pakaian kotor ke jasa pencucian hanya dilakukan orang kota? Warga desa pun sudah membutuhkan jasa ini. Soalnya, jika dihitung-hitung, mengguanakan jasa laundry alias pencucian pakaian bisa jauh lebih irit daripada mencuci sendiri di rumah.

Dengan menyerahkan urusan pakaian kotor ke laundry maka akan banyak waktu yang dimiliki ibu-ibu untuk mengerjakan hal yang lain. Mencuci sendiri, selain membuat tagihan listrik melonjak karena tersedot mesin cuci, juga membuat tagihan air meningkat. Belum lagi urusan menyeterika yang butuh waktu berjam-jam itu. Makanya sebagian besar orang kini memilih laundry sebagai jawabannya.

Usaha seperti ini bisa Anda buka di rumah Anda dengan memanfaatkan ruang teras rumah atau ruang depan rumah Anda. Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci, timbangan, seterika dan kantung plastik untuk menjalankan usaha ini.

Enaknya usaha ini adalah Anda punya halaman luas untuk menjemur dan tak perlu meninggalkan rumah untuk mengerjakannya. Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini bakal meraksasa jika Anda menyediakan jasa antar-jemput.

Warung kelontong

Yang satu ini sudah terbukti. Warung kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang sudah lazim dilakukan. Ketersediaan barang yang beragam dan harga adalah salahsatu kunci keberhasilannya.

Maka, Anda harus pintar mencari toko grosir alias tempat kulakan yang murah. Meski bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada cash flow alias uang setiap hari  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan karena kehabisan amunisi. Mau toko Anda cepat mengembang?

Anda harus menciptakan sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang notabene sebagian besar adalah tetangga Anda. Salahsatu caranya dengan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan toko Anda dan setiap setahun sekali misalnya sebelum lebaran Anda membagi-bagikan bingkisan lebaran bagi tetangga Anda.

Selain menjaga silaturahmi, ini adalah salahsatu cara untuk mengikat mereka menjadi pembeli fanatik di toko kita. Satu lagi, selalu ramah-tamah pada semua orang. Soalnya, ada banyak toko di desa ditinggalkan pembeli karena pemiliknya pelit senyum, ini fakta.

Jasa Pembuatan Mebel dan Konstruksi

Peluang usaha rumahan di desa yang kini sangat dibutuhkan adalah jasa pembuatan berbagai perkakas rumah tangga seperti almari, kursi, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen.

Termasuk pula di dalamnya jasa perbaikan berbagai perkakas itu. Soalnya, tidak semua orang akan membeli perkakas yang baru ketika hanya sebagian saja yang rusak. Berbagai kebutuhan ini bisa Anda jadikan peluang usaha yang menguntungkan. Kuncinya, kehalusan penggaraan produk yang Anda olah dan juga disain yang menarik hati tetangga.

Anda bahkan tidak perlu mengerjakan sendiri pekerjaan ini melainkan mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian menyerut, memotong dan kemampuan tukang kayu umumnya. Sementara Anda lebih banyak bergerak pada pemasaran alias mencari pemesan, mengumpulkan disain dan mencari bahan baku yang murah.

Kenapa usaha ini menarik, karena berbagai produk berbahan kayu yang dijual di kota-kota itupun sebagian besar dikerjakan orang-orang di desa. Jadi, kenapa harus ke kota untuk membeli perkakas rumah tangga? Lagipula, memesan perkakas langsung pada pembuatnya akan jauh kebih murah dibanding membeli di toko mebel di kota.

Beternak Lele

Inilah peluang usaha rumahan di desa selanjutnya. Ada banyak pilihan ketika Anda menjatuhkan pilihan pada jenis usaha ini. Pertama, Anda bisa beternak khusus pembibitan lele.

Artinya, pekerjaan Anda hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit. Setelah itu Anda hanya tinggal memberikan makanan khusus seperti cacing sutera bagi benih untuk tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Tak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumah Anda untuk membelinya.

Kedua, Anda memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini Anda harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah Anda. Keunggulan lele adalah, jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun.

Beternak lele bukan hanya mudah dijual karena banyaknya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Beternak Ayam Kampung

Ayam kampung adalah jenis daging yang tak tergantikan oleh ayam potong. Kualitas nutrisi dan keamanan daging ayam kampung dari berbagai penyakit membuat konsumsi ayam kampung menjadi kebutuhan yang terus meningkat sekarang ini.

Beternak ayam kampung untuk konsumsi rumah makan-rumah makan menjadikannya peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda coba. Ayam-ayam hasil peliharaan Anda bisa disetorkan ke kota. Modal besar yang Anda miliki adalah lahan di desa yang masih relatif luas.

Hanya orang desa yang sebenarnya sangat potensial mengembangkan usaha ini. Selain itu, usaha ini akan juga memberikan jaminan gizi bagi keluarga Anda sendiri karena mengkonsumsi ayam yang dipelihara sendiri tentu jauh lebih murah ketimbang harus merogoh kocek di rumah makan.

Jamur Tiram

Ingin memiliki pendapatan harian? Usaha mengembangkan jamur tiram adalah jawabannya. Bertani jamur tiram adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat strategis. Pertama, usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur jenis ini tersedia banyak di desa dengan harga yang murah-meriah seperti serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Berternak Ayam Pedaging yang Mudah dilakukan        
Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu. Keuntungan yang Anda miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya.

Anda bisa mempelajari bahan, proses dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya. Jika Anda sudah rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini secara rutin maka jamur ini akan tumbuh setiap hari.

Pertanian Organik

Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini sangat menarik dikembangkan di desa dan dijual di kota. Makanan organik memiliki kadar gizi yang tinggi dengan tingkat kesehatan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Itulah makanya orang-orang kota mulai berburu makanan berbahan organik.

Apakah orang desa tidak menyukainya? Bukan tidak suka, justru sebaliknya, karena konsumsi orang-orang di desa sesungguhya sebagian besar justru sudah organik. Nah, dengan kesuburan tanah desa dan masih relatif terlindung dari kontaminasi bahan-bahan kimia, pertanian organik sangat mungkin dikembangkan di desa. Asal Anda tahu, harga sayur mayor organik jauh lebih tinggi dibanding sayur-mayur biasa. ( Berdesa.com)
×
Berita Terbaru Update