Notification

×

Iklan

Iklan

Berjabat Tangan Mampu Menghapuskan Dosa

19 March 2018 | Monday, March 19, 2018 WIB Last Updated 2018-03-19T16:18:25Z
Kampoeng News religi
Sumber Ilustrasi: www.soulofjakarta.com

Kampoeng news- Dosa merupakan ganjaran bagi orang yang selalu berbuat kesalahan dan keburukan. Dan melanggar larangan yang tetapkan oleh agama. Ada amalan yang sepertinya ringan dan mudah,  namun mampu menggugurkan dosa, yang setiap saat bisa dilakukan.

Amalan penghapus dosa disebutkan oleh Rasulullah  SAW  diantaranya :
1. Diriwayatkan  dari Barra" bin 'Aziz  ra. Bahwa Rasulullah saw  bersabda: :" Tidaklah dulu orang muslim bertemu dan Berjabat tangan, melainkan diampuni dosa-dosa mereka berdua sebelum berpisah". (Dihasankan oleh At-tarmidzi dan di shahih kan  oleh Al-Albani).

2. Diriwayatkan  dari Anas bin Malik ra bahwa  Rasulullah saw  bersabda : "  Tidaklah dua orang muslim bertemu kemudian salah satu diantara  keduanya memegang tangan  temannya  (berjabat tangan), melainkan menjadi hak Allah mengabulkan doa keduanya. Dan tidaklah kedua tangan mereka berpisah hingga  dosa -dosa keduanya di ampuni." ( Dikeluarkan  oleh imam Ahmad  dalam musnad-nya dan Suaib  al arnauth mengatakan shahih lighairihu. ").

3. Diriwayatkan  dari Uma Umaimah binti Rasinah ra bahwa  Rasulullah saw bersabda
" Sesungguhnya  aku tidak pernah  berjabat tangan  dengan wanita.  Dan sesungguhnya  perkataan ku kepada  seratus orng wanita sama halnya seperti  perkataanku kepada seorang wanita saja. (Dikeluarkan  oleh Imam Malik dalam kitab Al-Muwatha,  Imam Ahmad  dalam Musnad-nya  dan di shahih kan oleh  Al-Albani Bani ).

Berjabat tangan dengan saudara kita mampu Menghapuskan Dosa.  Tapi Rasulullah  melarang berjabat tangan dengan wanita.

×
Berita Terbaru Update