Notification

×

Iklan

Jangan Bakar Lahan Di Musim Kemarau, Polisi Tetapkan 5 Tersangka Karhutla Riau

27 February 2021 | Saturday, February 27, 2021 WIB Last Updated 2021-02-27T14:25:52Z

KAMPOENG NEWS.COM. PEKANBARU – Dilansir dari media ternama Riau, Riaumandiri.co. Hingga pekan ke-4 Februari 2021, pihak Kepolisian di Riau telah menetapkan 5 orang tersangka dugaan kebakaran hutan dan lahan. Penanganan perkara itu dilakukan sejumlah Kepolisian Resor yang daerahnya terjadi Karhutla.

Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Kamis (25/2/2021). Dikatakan dia, penegakan hukum itu dilakukan sejak awal tahun ini. "Sudah lima tersangka," ujar Kombes Pol Sunarto.

Dijelaskannya, lima tersangka itu diproses di sejumlah Polres di Riau. Dua tersangka di Polres Bengkalis, dua di Polres Dumai dan satu di Polres Kepulauan Meranti. Para pesakitan itu merupakan tersangka perorangan.

"Lahan terbakar di Bengkalis seluas 3 hektare, di Dumai 10,25 hektare, dan di Kepulauan Meranti 5 haktare," sebut mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

"Tersangka merupakan perorangan dengan total lahan terbakar 18,25 hektare," sambung dia.

Penanganan perkara ini, kata dia, masih dalam proses penyidikan. Menurutnya, penyidik segera melimpahkan berkas perkara ke kejaksaan.

Sebelumnya, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menegaskan, penanganan karhutla menjadi prioritas. Pihaknya mengupayakan pencegahan dan berkoordinasi dengan semua pihak untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara.

“Kita akan langsung tancap gas dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan semua pihak dan lebih memaksimalkan lagi penggunaan Dashboard Lancang Kuning Nusantara sebagai alat yang efektif mendeteksi secara akurat," ungkap Irjen Pol Agung belum lama ini.

Mantan Deputi Siber pada Badan Intelijen Negara (BIN) itu menyatakan, Dashboard Lancang Kuning Nusantara dapat mendeteksi dan secara dini titik api.

"Hal itu memudahkan kita dalam mengelola dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan sebagaimana arahan dan penekanan presiden," pungkas Irjen Pol Agung.

Sumber : Riaumandiri.co
×
Berita Terbaru Update