Notification

×

Iklan

Iklan

Atasi Sembelit Dengan Herbal Disekitar Kita

16 September 2018 | Sunday, September 16, 2018 WIB Last Updated 2018-09-17T05:05:42Z

Kampoeng News 
Sumbel ilustrasi : okezone.com

Sembelit adalah penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja. Gaya hidup tidak sehat merupakan salah satu penyebabnya. Saat penyakit ini muncul, tidak jarang obat pencahar menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Selain obat kimia, sebenarnya ada banyak bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi sembelit. Beberapa bahan dapur terbukti ampuh dan lebih aman mengobati sembelit dalam waktu cepat.

1. Konsumsi minyak sehat

Mengontrol konsumsi minyak sangat penting untuk menjaga diet karena minyak akan berujung pada lemak. Namun lemak dari minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Bertindak sebagai pencahar, minyak zaitun akan membantu menyeimbangkan sisa makanan dalam usus dan mengatur pergerakan usus.

2. Teh jahe dan mint

Mint dan jahe mengandung enzim yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Jahe, khususnya, digolongkan sebagai bahan makanan yang menghangatkan dan dapat menenangkan perut yang kesakitan. Untuk meredakan sakit perut karena sembelit, minum teh jahe yang sudah dicampurkan mint saat sebelum atau sesudah makan. Minuman ini akan membantu membersihkan tubuh dari racun.

3. Baking soda

Asam dalam perut berperan penting dalam menyeimbangkan fungsi tubuh. Sodium karbona yang bereaksi dengan asam dalam tubuh akan menghasilkan karbon dioksida dan air. Karbon dioksida dan air dapat membantu membersihkan dan memperlancar pergerakan usus.

4. Air lemon

Bahan makanan asam seperti lemon mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Meminum air yang telah ditambahkan vitamin C dari lemon dapat membantu memperbaiki gerakan dan sistem pencernaan tubuh.

5. Biji wijen

Biji wijen adalah bahan dapur yang kaya akan nutrisi. Selain itu, biji wijen juga mengandung essential oil yang baik untuk tubuh. Minyak yang terkandung di dalam biji wijen akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan melegakan konstipasi.

Sumber: republika.co.id
×
Berita Terbaru Update