Notification

×

Iklan

Pawai Takbir Keliling Di Siabu Tonjolkan Kekentalan Beragama Masyarakat

23 August 2018 | Thursday, August 23, 2018 WIB Last Updated 2018-08-23T21:42:35Z

Kampoemg News

Siabu Kampar – Pelaksanaan Pawai Takbir dengan menghadirkan menggunakan mobil dan sepeda motor di Siabu kabupaten Kampar Riau menjadi tontonan yang meriah di malam takbiran jelang perayaan Idul Adha 1439 H.
 
Betapa tidak, takbir keliling dengan ornamen bernuansa Islami berpadukan karakter yang ada di setiap tempat ibadah seperti Masjid dan Musholla dipertontonkan pada pawai takbir tersebut. Tidak hanya itu, tabuh beduk dan lantunan takbir terus menggema mengiringi rombongan yang melintasi setiap jalan kampung dan lorongnya. 

Kepala Dusun Pinaso , Sumedi menuturkan, kegiatan pawai takbir dengan menggunakan mobil dan sepeda motor ini merupakan tradisi yang ada di Siabu kabupaten Kampar Dan diikuti oleh semua jamaah tempat ibadah di setiap Dusun., dan juga masyarakat serta remaja dan pemuda yang ada.

“Ini takbir keliling menggunakan kendaraan , diikuti semua tempat ibadah yang ada , masyarakat juga dan organisasi di desa Ini. Ini tradisi setiap tahun kita lakukan, antusias masyarakat cukup baik menyambut perayaan Idul Adha dengan pawai keliling,” katanya, Rabu 22/8/2018) malam. 

“Masing-masing membawa karakter tempat ibadah masing-masing, dan  menjadi motivasi serta keindahan takbir keliling. 
 

Dari pantauan KAMPOENG.NEWS di lokasi, setidaknya mencapai 10 mobil dan 400 Sepeda motor yang mengikuti pawai takbir tersebut. Selain hiasan ornamen masjid, beberapa peserta juga menampilkan ikon taruhan bedug yang beraneka ragam, sebagai simbol kegembiraan yang dirasakan. 

Tidak hanya itu, jamaah takbir seperti Ibu-Ibu dan Anak-anak juga antusias memenuhi setiap mobil yang ikut dalam takbir keliling. Ini juga menjadi bagian yang ditampilkan pada pawai takbir, hal ini sebagai simbol dan potensi generasi mendatang diwilayah Siabu yang ada di Kecamatan Salo Kabupaten Kampar dengan mata pencaharian masyarakat sebagai petani. 

Menanggapi imbauan kepala dusun terkait pelaksanaan Pawai Takbir di malam takbiran, Gunadi menerangkan jika pihaknya selaku Pengurus Masjid tetap Akan selalu menjaga keamanan dalam melaksanakan Pawai Takbir keliling ini. Apalagi kata dia, jauh hari sebelumnya kegiatan ini sudah direncanakan dan dinantikan masyarakat.
 

“pihak keamanan tidak melarang, dia menghimbau untuk keamanan apalagi yang dekat pemilu saya kira cukup baik, tapikan kita sudah rencanankan ini cukup lama dan masyarakat sudah menunggu kalau malam takbiran pasti ada acara seperti ini. Tapi semua berjalan lancar.

Takbiran di ikuti sekitar seribu lebih umat Islam yang ada di Siabu dan sekitarnya. 
×
Berita Terbaru Update