Notification

×

Iklan

Iklan

Musrembangdes Desa Siabu kabupaten Kampar Riau

31 August 2018 | Friday, August 31, 2018 WIB Last Updated 2018-08-31T08:42:22Z
Kampoeng News 


Siabu Kampar - Musrembangdes. adalah salah satu kegiatan warga yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa, Musrembangdus merupakan kegiatan rutin warga yang dilaksanakan satu tahun sekali, yang membahas tentang rencana pembangunan desa tahun mendatang. Pada Musrembangedes tahun ini yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2018 di kantor desa Siabu kabupaten Kampar Riau. Yang intinya membahas rencana pembangunan Desa Siabu untuk tahun 2019.

Pelaksanaan Musrembang ini berjalan dengan tertib dan lancar, masyarakat yang hadir terdiri dari perangkat desa RT,RW, Kepala Dusun dan tokoh Agama dan tokoh masyarakat dan pemuda terlihat sangat antusias mengikuti acara ini.


Di antaranya dengan cara memberikan masukan program pembangunan serta memberikan tanggapan yang baik walaupun tidak setiap masukan dapat direalisasikan.

Banyak kendala sehingga program yang sudah direncanakan desa tidak dapat direalisasikan semua

Ada beberapa program yang lebih diprioritaskan dibandingkan dengan program lainnya.Anggaran dari pemerintahan daerah tidak mencukupi.

Sangat dimaklumi ketika tidak semua program dapat direalisasikan, karena tentunya pemerintahan daerah tidak dapat hanya memberikan anggaran pembangunan hanya untuk membangun 1 desa saja, karena seperti kita ketahui bahwa Provinsi Riau terdiri dari banyak Kabupaten yang tentunya terbagi menjadi beberapa desa.


Dalam musyawarah ini banyak program yang diusulkan diantaranya :

1.Pembangunan jalan-jalan dusun seperti semenisasi dan jalan pertanian.

2.Penggerukan saluran air rehabilitasi saluran air yang tertutup, seperti drainase.

3. perluasan dan rehabilitasi gorong-gorong dan turab. 

4. Pembangunan jalan seperti pengaspalan Perbaikan jalan, pembangunan turap dan yang lainya.

Hal-hal di atas hanya sebagian program yang diusulkan, masih banyak program-program lainnya.

Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan ini sangat bermanfaat bagi semua pihak, terkhusus masyarakat . " Dengan mengikuti kegiatan ini kami sebagai RT dapat mengetahui bahwasanya masih banyak hal-hal yang harus dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat" ucap Paryadi salah satu RT.

salah satu caranya adalah dengan membangun kampung halaman kita, tanah tempat dimana mereka hidup sehari-hari, tempat dimana mereka taruh semua harapan untuk kehidupan yang lebih baik sekarang ataupun nanti, untuk mereka saat ini ataupun untuk anak cucu kita nanti, Kami juga dapat mengetahui bagaimana proses musyawarah dalam suatu pemerintahan walaupun dalam cakupan yang lebih kecil.


Selain itu masyarakatpun tentunya mendapatkan manfaat karena dengan adanya musyawarah ini mereka dapat menyampaikan keluh kesah serta aspirasi mereka kepada pemerintah Desa serta dapat mendekatkan masyarakat kepada pemerintah Desa sehingga menghilangkan dinding pemisah antara masyarakat dengan pemerintahnya.

Mutembangdes di hadiri oleh Camat Salo dan staf nya. Juga di pandu oleh kepala Desa Siabu dan ketua BPD. Ninik mamak desa Siabu juga turut menghadiri acara musrembangdes.

×
Berita Terbaru Update