Notification

×

Iklan

Senang Dan Susah Menjadi Citizen Jurnalis

26 April 2018 | Thursday, April 26, 2018 WIB Last Updated 2020-03-06T13:33:56Z
Kampoeng News 
Citizen Jurnalis sedang Meliput acara 

Setiap profesi yang kita geluti pasti  ada senang dan susahnya, apalagi profesi atau pekerjaan itu bukan pekerjaan tetap alias sambilan. Karena biasanya pekerjaan yang sifatnya sambilan akan tidak maksimal hasilnya.

Sebagai contoh menjadi Citizen  jurnalis,  apa itu Citizen Jurnalis?  Ciitizen jurnalis adalah kreativitas warga biasa yang merekam, memfoto, menulis dan mengabadikan suatu peristiwa kemudian di publikasikan ke khalayak.  Dengan menggunakan media, seperti televisi,  koran, majalah, radio, atau media lainya yang bisa di akses oleh masyarakat  luas.

Di zaman yang serba canggih sekarang ini Citizen  Jurnalis berkembang pesat keberadaannya,  karena hanya bermodalkan telfon pintar atau smartphone setiap kita bisa menjadi Citizen  jurnalis.  Apalagi medi sosial seperti Facebook,  Twitter,  Whatsapp, Instagram mudah di akses dan digunakan untuk mempublikasikan peristiwa.

Kemudian apasih senang dan susahnya menjadi  Citizen jurnalis??...menjadi Citizen jurnalis banyak senang dan susahnya, apalagi kalau sudah menjadi sebuah hobby, maka akan banyak tantangan.

Citizen Jurnalis  adalah orang yang  pantang melihat peristiwa yang membuat perhatian banyak orang, misal kebakaran, banjir, tanah longsor, kerusuhan dan peristiwa lainya yang membuat kerugian besar dan keuntungan bagi orang banyak.

Jika mendengar dan melihat kejadian dan peristiwa di atas seorang Citizen  Jurnalis akan segara mengambil smartphone atau kamera yang dia punya mengabadikan ya kemudian menulis dan mempublikasikanya.

Kesenangan yang diperoleh :
* Hoby tersalurkan
* Bakat menjadi berkembang
* Meliput berita informasi tanpa menjadi anggota perusahaan tertentu sebagai jurnalis.
*  Senang dan bangga jika peristiwa yang diliput diterima dan ditayangkan di media tertentu, apalagi ada honor nya.
* dan banyak lagi , tergantung  SDM masing-masing Citizen Jurnalis.

Susahnya menjadi Citizen jurnalis
* Merasa terbebani dengan identitas sebagai warga yang beraksi seolah seorang jurnalis.
*  Tidak di bayar walaupun sudah berusaha meliputi peristiwa  dan tidak diterima oleh media pemberitaan.
*  Terkadang mendapat ejekan dari orang.
*   Merasa sedih jika tidak ada peristiwa  yang akan dijadikan liputan.
* Terjadi peristiwa  penting sedangkan dia lagi bekerja yang tidak memungkinkan meliputnya.

Demikian barang kali susah dan senang menjadi seorang  Citizen Jurnalis.   Dan ini hampir sejua citizen jurnalis mengalminya. Hanya saja bagi yang optimis akan melewatinya dengan santai, tatapi bagi yang pesimis bisa menjadi beban tersendiri.

Semoga bermanfaat.



×
Berita Terbaru Update