Notification

×

Iklan

Menjadi Citizen Jurnalis Tidaklah Mudah

30 April 2018 | Monday, April 30, 2018 WIB Last Updated 2018-06-13T19:17:46Z
Kampoeng News
Sumber gambar : career News. Id


Menjadi Citizen jurnalis tidak lah mudah 

Sebagian besar orang jika ditanya apa hoby dan apa keahlianya, sebagian besar menjawab, mancing, jalan-jalan, balapan, melukis dan lain-lain. Namun jarang sekali ketika seseorang ditanya apa hoby dan bakatmu  ? Jarang yang menjawab " jurnalis warga atau Citizen  Jurnalis.

Kenapa bisa demikian?  Karena menjadi Citizen  jurnalis  tidak lah mudah, profesi wartawan /jurnalis  resmi yang direkrut oleh perusahaan atau PT media, yang harus memenuhi syarat dan tes untuk memasukinya,  bisa dilakukan oleh seorang warga biasa yang mungkin profesinya tidak nyambung dengan seorang jurnalis  profesional.

Bahkan seorang jurnalis  warga / Citizen  Jurnalis harus berusaha mengembangi  hasil karya jurnalis  profesional untuk dapat karyanya diterima dan dipublikasikan oleh media tertentu agar bisa dinikmati masyarakat  luas. Dan ini bukanlah pekerjaan yang mudah, selain latar belakang yang tidak mendukung ditambah kekuatan identitas diri yang belum bisa diterima masyarakat banyak.

Banyak perusahaan berita seperti TV, Radio, Majalah, Media  online yang mengajak warga biasa  menjadi seolah  seorang jurnalis  profesional untuk meliput  peristiwa, kemudian  dikirimkan sehingga bisa ditayangkan dan di publikasikan oleh perusahaan berita tersebut.

Menjadi Citizen jurnalis  bukanlah pekerjaan yang mudah, selain harus bersaing dengan Citizen Jurnalis  lainya, seorang CJ harus mampu merubah  sesuatu yang biasa menjadi luar biasa dan menjadi nilai berita dan informasi.

Dari sekian banyak orang baik di ruang lingkup perkampungan, perkotaan bisa dilihat beberapa  orang saja yang mempunyai hoby dan bakat jurnalistik sedangkan dirinya bukanlah seorang jurnalis.

Sehingga banyak peristiwa dan kejadian yang terlewat dari pantauan awak media tidak terpublikasikan, disebabkan tidak ada warga yang mampu menjadi seorang Citizen Jurnalis untuk meliput dan mengirimkan peristiwa tersebut dan dipublikasikan ke masyarakat luas.

Untuk itu bagi anda yang hoby dan berbakat menjadi seorang  jurnalis  warga/ Citizen Jurnalis,  harus bangga, karena jarang orang yang bisa seperti anda, sehingga anda mampu terus berkarya mempublikasikan daerah dari berbagai segi. Apalagi kalau anda sudah terdaftar menjadi anggota Citizen  Jurnalis di perusahaan pemberitaan.

Sekian.

×
Berita Terbaru Update