Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan ylx

Adssense 234x60

Harga TBS Sawit Minggu ini Jambi dan Riau Serta Rata-rata di 22 Provinsi Masih Anjlok

Senin, Juni 13, 2022 | 17:01 WIB Last Updated 2022-06-13T10:12:52Z
Sumber Foto : beritadiy

458 Views

KAMPOENG NEWS COM - Harga TBS sawit minggu ini, mulai Sabtu, 11 Juni 2022 per kilogram di Jambi dan Riau beserta rata-rata di 22 Provinsi Indonesia yang terpantau masih anjlok.

Usai pencabutan larangan ekspor CPO dan minyak goreng sejak tanggal 23 Mei 2022, harga TBS kelapa sawit per kilogram hari ini atau periode ini masih mengalami penurunan di Jambi, Riau, dan 22 Provinsi.

Ada wilayah yang rutin memperbarui harga TBS sawit per kilogram, di antaranya Provinsi Riau dan Jambi beserta pantauan dari Apkasindo di rata-rata 22 Provinsi.

Beberapa faktor memengaruhi mengapa harga TBS sawit per kilogram masih anjlok, di antaranya beberapa pabrik menolak pembelian TBS dengan alasan tanki penuh lantaran sulitnya menjual CPO.

Sementara menurut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulfadli mengatakan penurunan harga TBS karena faktor internal dan eksternal.

Adapun faktor internal yang memicu harga TBS turun adalah terjadinya penurunan harga jual CPO dari perusahaan yang menjadi sumber data.

Lebih lanjut, ia menjelaskan alasan mengapa harga TBS anjlok dari faktor eksternal karena minimnya perusahaan yang menetapkan harga.

"Sementara dari faktor eksternal, pasca pencabutan kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng, CPO dan turunannya walaupun sudah di umumkan untuk wilayah Riau hanya dua perusahaan yang melakukan penjualan untuk menetapkan penetapan harga," sebutnya.
Sumber : Riau.go.id
×
Berita Terbaru Update