Notification

×

Iklan

Puncak Arus Balik Lebaran Menuju Riau Diprediksi Sabtu dan Minggu, Waspada Macet di Wilayah Ini

Sabtu, Mei 07, 2022 | 16:45 WIB Last Updated 2022-05-07T09:50:39Z

Foto : Tribun Pekanbaru.com

549 Views

KAMPOENG NEWS.COM, PEKANBARU - Bersumber dari media terkemuka di Riau, Tribunpekanbaru.com, Pemerintah mengumumkan hari libur Idul Fitri jatuh pada 2-3 Mei 2022, sedangkan cuti bersama pada 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Hari ini Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022) ini, diprediksi menjadi puncak arus balik ke Riau. Jalur Sumbar - Riau melewati Kabupaten Kampar, akan menjadi jalur terpadat yang dilalui kendaraan.

Kasat Lantas Polres Kampar, AKP Rudy Sudaryono menuturkan, lonjakan volume kendaraan bahkan telah mulai terjadi pada Jumat (6/5/2022) ini.

Namun situasi arus lalu lintas masih dalam kategori ramai lancar. Apalagi pengendara bisa memanfaatkan Jalan Tol Pekanbaru Bangkinang (Pekbang), untuk arah atau jalur Bangkinang ke Pekanbaru.

"Jadi peningkatan hari ini 15 persen dari kemarin. Kalau kemarin 2 ribu lewat tol, hari ini sekitar 2.200," kata AKP Rudy, Jumat malam.

Menurutnya, akan ada perlambatan pergerakan kendaraan pada hari Sabtu dan Minggu besok. Mengingat di kedua hari itu, menjadi puncak arus balik.

Apalagi, pada Sabtu dan Minggu besok akan ada aktivitas pasar tradisional masyarakat di dua titik di Kabupaten Kampar.

"Hari Sabtu ada pasar di Air Tiris, sementara Minggu di Kampa. Jalur alternatif sudah kita konsepkan untuk di kedua titik tersebut untuk antisipasi bila terjadi penumpukan kendaraan," jelasnya.

Diungkapkan mantan Kapolsek Kubu, Polres Rohil ini, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas. Salah satunya jalur alternatif.

Kemudian, Satlantas Polres Kampar juga melakukan penebalan kekuatan personel. Penempatan para personel ini sudah diatur sedemikian rupa. Baik itu di persimpangan, maupun juga di titik rawan kemacetan.

"Dalam pengaturan arus lalu lintas kita juga dibantu petugas dari Dinas Perhubungan," pungkas Kasat Lantas Polres Kampar.
×
Berita Terbaru Update