Notification

×

Iklan

Iklan

Menuju Sekolah Berkualitas, SDN 010 Siabu Salo Mempersiapkan AKM Dengan Hadirkan Wali Murid Gelar Rapat Bersama

01 September 2021 | Wednesday, September 01, 2021 WIB Last Updated 2021-09-01T10:50:14Z


KAMPOENG NEWS.COM - SIABU. Setelah Ujian Nasional (UN) ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi Covid -19, pemerintah melalui kemendikbud kembali meniadakan UN di tahun 2021 dan menggantinya dengan Asesmen Nasional yang salah satu bagiannya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan untuk seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah.

SD Negeri 010 Siabu adalah salah satu sekolah yang mengikuti program AKM, sehingga dituntut kesiapan berbagai hal untuk mendukung terlaksananya AKM tersebut, seperti kesiapan murid, fasilitas dan lainya.

Berkaitan dengan semua itu Kepala sekolah SD 010 Siabu kecamatan Salo kabupaten Kampar, mengundang orang tua wali murid untuk bermusyawarah membahas mengenai kesiapan Sekolah, dan  kerja sama  bersama wali murid untuk mensukseskan AKM di SD 010 Siabu.

Musyawarah yang dilaksanakan pada hari Rabu, 01 September 2021, dihardiri oleh 55 wali murid, dengan mematuhi prokes memakai masker dan menjaga jarak, juga dihadiri oleh  majelis guru. Sementara dua  ruangan kelas digunakan untuk tempat musyawarah.

Dalam penjelasannya Kepala Sekolah SDN 010 Siabu Bapak Priono Spd mengatakan, "Bahwa tujuan AKM adalah untuk mengetahui mutu sekolah dalam pendidikan belajar, selain itu Asesmen Nasional atau AKM, tujuannya untuk perbaikan pembelajaran serta peningkatan lingkungan belajar yang kondusif, tambah beliau.

Yang menarik lagi,  tambah beliau," Di ujian-ujian akhir sebelumnya, peserta ujian akhir adalah siswa kelas 12 SMA dan 9 SMP. Hal berbeda terjadi di Asesmen Nasional 2021 di mana pesertanya diambil secara acak dari kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA. Jadi, tidak semua siswa akan menjadi peserta nantinya. Kebijakan ini dibuat dengan tujuan supaya siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional 2021 dapat merasakan perbaikan pembelajaran setelah adanya asesmen. Selain itu, kebijakan ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran dampak dari proses pembelajaran yang dilakukan di setiap satuan pendidikan, ungkap Pak Priono.

Beliau menambahkan," Dalam pengisian AKM nantinya soal yang dikerjakan siswa terdiri dari Literasi dan Numerasi. Literasi adalah membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Sedangkan Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia", Kata Beliau.

Sementara itu wali murid  juga di minta kerja samanya,  mengingat AKM ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan laptop, minimal cord 2, sedangkan pihak sekolah hanya mampu menyediakan 10 unit laptop untuk persiapan atau latihan uji coba dalam penggunaan laptop dan menjalankan aplikasinya.

Hal ini disampaikan oleh Bapak Syafrizal SPd,selaku tenaga pengajar SD 010 Siabu" Kami dari pihak sekolah semaksimal mungkin memenuhi fasilitas pembelajaran ini, sehingga kami menyediakan 10 laptop dan layanan koneksi internetnya pak, karena semua dilakukan secara online", supaya anak nanti waktu ujian AKM lihai dan mahir mengoperasikan laptop dan cara pengisian soal-soal yang diberikan",  ungkap beliau.

Hal senada juga ditambahkan oleh Bapak Tarmo, SPd, Jadi nanti pak kami selaku guru pembimbing dari pihak sekolah akan mengatur jadwal latihan anak-anak, berkemungkinan 8 kali pertemuan, sehingga semua anak bisa mengikuti pelatihan sekaligus trayout dari soal yang tersedia, kita mengharapkan dukungan semua wali murid agar semua sukses, sehingga mutu kualitas sekolah kita bisa diatasi nilai yang ditentukan," tambah beliau.

Rapat diakhiri dengan pemberian Email dari wali murid kepada pihak sekolah, sebagai syaratnya masuk kedalam aplikasi website AKM untuk pelatihan dan ujian murid kedepannya.
×
Berita Terbaru Update