Notification

×

Iklan

Iklan

Manggala Agni DAOPS Sumatera IV Pekanbaru Bentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kantor Desa Siabu

30 June 2021 | Wednesday, June 30, 2021 WIB Last Updated 2021-06-30T15:23:37Z
Suasana pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) desa Siabu dan desa Salo di kantor desa Siabu kecamatan Salo kabupaten Kampar. Foto Ketua Manggala Daops Sumatera, Camat Salo, Kades Siabu, Babinkamtibmas desa Siabu. 

Foto : Babinkamtibmas
679 Views

KAMPOENG NEWS.COM - SIABU. Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru bentuk MPA (Masyarakat Peduli Api), Rabu, (30/06/2021). Pelaksanaan kegiatan pembentukan MPA terserbut berlokasi di Desa Siabu kecamatan Salo kabupaten Kampar Riau, yang dilaksanakan di aula kantor desa Siabu.

Pembentukan MPA kali ini  dihadiri langsung oleh Kepala Manggala agni DAOPS Sumatra IV/ Pekanbaru. Hadir juga Camat Salo, Kepala Desa Siabu,serta Babinkamtibmas desa Siabu, dan 30 orang warga MPA.

Sementar itu warga yang terbentuk sebagai MPA terdiri dari dua wilayah desa, Desa Salo dan Des Siabu, acara dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB.

Dalam sambutannya, Kepala Desa desa Siabu Heri A Firdaus mengatakan sangat mendukung dengan pembentukan MPA ini, harapan terbesar dari kegiatan ini agar semua pihak bisa saling bahu membahu bersama pemerintah terkait pencegahan karhutla khususnya di desa Siabu.

Penyerahan secara simbolis tugas MPA oleh Babinkamtibmas desa Siabu.


Hal senada juga disampaikan oleh camat Salo dan Babinkamtibmas. Bahwa kedua pejabat penting di Salo ini sangat mendukung terbentuknya MPA di dua desa ini.


Dengan terbentuknya MPA ini, diharapkan  peserta MPA  agar selalu ikut berperan aktif dalam mencegah karhutla di desa masing-masing. Karena para peserta MPA inilah yang nantinya akan di order langsung kelapangan langsung membantu pemerintah, rekan-rekan dari Manggala Agni untuk mencegah serta bersama-sama menyelamatkan masyarakat dari bahaya bencana asap.


Dalam kegiatan ini Manggala Agni  Daops Sumatera IV Pekanbaru diberikan kepercayaan penuh untuk melatih dan dapat menciptakan MPA tangguh yang dapat diandalkan dilapangan dalam aksi pencegahan karhutla bersama Manggala Agni.


Jumlah peserta dari pembentukan MPA ini adalah 30 orang atau dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 15 orang.


Pembentukan MPA secara simbolis diserahkan oleh Babinkamtibmas desa Siabu kepada perwakilan warga yang terpilih sebagai anggota MPA ( Masyarakat Peduli Api). 

Warga yang tergabung dalam anggota MPA


Adapun rangkaian kegiatan dari pembentukan MPA ini adalah penyampaian beberapa materi antara lain: dasar-dasar karhutla, pencegahan karhutla, teknik pemadaman, pengenalan dan cara penggunaan peralatan pemadaman (manual & semi mekanis), dan praktek/simulasi pemadaman.


Hasil dari kegiatan ini supaya Masyarakat Peduli Api dapat memahami jenis kebakaran dan mengetahui teknik-teknik pemadaman secara dini,  dengan menggunakan peralatan-peralatan manual maupun langsung menggunakan peralatan pemadaman karhutla.


Sementara itu Kegiatan tambahan yang dijalankan oleh rekan-rekan Manggala Agni  Daops Sumatera IV/ Pekanbaru adalah memberikan pelatihan kepada MPA terkait teknik pembuatan peralatan manual damkarhutla.

(CJ. Utama)



×
Berita Terbaru Update