Notification

×

Iklan

XL Serahkan Paket Data Internet Gratis untuk 60 Ribu Siswa

01 September 2020 | Tuesday, September 01, 2020 WIB Last Updated 2020-09-02T00:03:37Z

KAMPOENG NEWS - PEKANBARU - Di kutip dari  media ternama di Riau, Metroriau.com PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) menyerahkan 60 ribu kartu perdana paket data internet gratis untuk 60 ribu siswa di Provinsi Riau. Penyerahkan kartu tersebut,  XL Axiata menggandeng  atau bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau.

Penandatanganan kerjasama yang dilakukan di Hotel Furaya, Pekanbaru, Selasa (1/9) ini dilakukan oleh Kepala Disdik Provinsi Riau, Zul Ikram SPD MPD, dan Head of Sales Ridar-Kepri,  Alex Burnama.

Menurut Alex Burnama, penyerahan paket data internet gratis ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata dalam mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa pandemi Covid-19. Karena pihaknya selalu berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk Riau. 

"Kami merasa bertanggungjawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar. Selain itu, kerja sama XL Axiata dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar secara online selama pandemi Covid-19 masih berlangsung," ujarnya.

Alex menambahkan, mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan kepala sekolah dengan cara berkoordinasi dengan Disdik Riau. Di mana setiap kartu perdana mendapatkan kuota data internet gratis sebesar 30GB,  yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ. Program ini berlaku selama dua bulan.

"Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu," jelasnya. 

Selain itu, lanjut Alex, kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Sementara Kepala Disdik Riau, Zul Ikram, mengatakan, penyerahan bantuan paket kartu internet ini merupakan kerjasama antara pemerintah dengan XL, dalam rangka memberikan keringanan kepada masyarakat terutama pelajar, dan menjalani proses belajar mengajar dengan menggunakan jaringan internet.

Menurutnya, 60 ribu kartu perdana tersebut diserahkan kepada para siswa di 12 kabupaten/kota melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) swasta dan negeri daerah setempat.  Pembagian 60 ribu kartu tersebut meliputi  20 ribu kartu untuk Kota Pekanbaru, dan sisanya 40 ribu lagi dibagi rata ke-11 kabupaten/kota se-Riau. Artinya, setiap daerah menerima 3.600 kartu.  

"Kita tekankan dalam pembagian kartu ini diprioritas bagi siswa dari keluarga kurang mampu," kata Zul Ikram.  

Zul Ikram menambahkan, dengan adanya bantuan dari pihak XL bagi siswa ini dapat membantu pemerintah dalam mencarikan solusi dalam program proses belajar mengajar secara daring. "Kita berterimakasih kepada XL dalam pemberikan kuota internet gratis dalam upaya mendukung pembelajaran daring ini," pungkasnya.*
Sumber asli : Metroriau.com

×
Berita Terbaru Update