Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Membuat Blog Berita Untuk Jurnalis Warga

03 June 2020 | Wednesday, June 03, 2020 WIB Last Updated 2020-06-03T15:48:55Z
Media online saat ini sudah merebak seperti jamur di musim hujan, dari yang lokal sampai yang bersekala nasional, dari blog yang dikelola perseorangan maupun yang bermodal besar berupa PT.

Bagi para blogger pemula yang mempunyai Hobby menulis, tentu menjadi tantangan berat untuk bersaing dengan media-media besar.

Para blogger juga banyak bermunculan, dari blog pribadi yang membahas tentang pribadi seseorang, hingga tips, kuliner, wisata dan blog bertema berita.

Untuk blog pribadi, tips, kuliner, wisata dan yang lainnya, tidak begitu rumit untuk membuatnya, cukup punya email  kita sudah bisa buat blog keren, tak perlu mengurus izin ini dan itu.

Berbeda dengan blog berita, selain punya email, kita harus mengurus izin agar blog kita dipercaya oleh publik, hal ini membuat sebagian para blogger kurang tertarik dengan hal ini, selain ribet membuat blog berita memerlukan biaya yang lumayan mahal.

Sebagai blogger sejati tentunya punya jalan keluar untuk mengakalinya, saat ini banyak blog berita/media online yang hanya dikelola oleh blogger personal, atau perseorangan, hal ini merupakan pilihan atas Hobby yang tak tersalurkan.

Blog berita perseorangan banyak bermunculan, tapi kadang perlu hati-hati dalam menulis artikel berita, selain menyangkut informasi publik, juga sering menjadi acuan untuk masyarakat dalam mengeluarkan opininya.

Lalu bagaimana cara membuat Blog Berita?

Pertama cara pembuatan blog tidak jauh berbeda dengan pembuatan blog lainya, hanya bermodal email kita sudah bisa membuatnya.

Agar lebih menarik blog, usahakan nama blog kita agak keren untuk dijadikan domain blog.

Yang penting setelah pembuatan blog selesai, dengan nama domain kita harus mengisinya dengan artikel berita, baik yang kita tulis ataupun yang kita tulis ulang dari media online terkemuka.

Semua tulisan tentunya harus bisa dipertanggung jawabkan, anti hoak dan unsur sara, agar publik percaya dengan tulisan kita.

Untuk mengisi tulisan di blog berita yang kita kelola sendiri, setiap kejadian sekitar kita bisa dimasukan di blog kita, atau bisa menulis ulang dari media online terkemuka dengan mencantumkan link sumber aslinya.

Sebagai catatan penting, setiap blogger yang menulis  blog berita, harus jujur untuk membangun kepercayaan publik, ya walaupun media online yang dikelola belum berbadan hukum, namun hal ini tidak menjadi halangan serius bagi blogger sejati.





×
Berita Terbaru Update