Notification

×

Iklan

Iklan

Mau Nanam Kangkung Pekarangan Sempit, Begini Cara Praktisnya!

16 October 2019 | Wednesday, October 16, 2019 WIB Last Updated 2019-10-16T08:53:01Z
Kampoeng News


Kampoeng News - Hidroponik, MHidroponik adalah budidaya 
menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Salah satu tanaman yang bisa untuk hidroponik adalah kangkung, dan ini yang telah penulis praktikkan.
Kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tanaman kangkung dengan sistem hidroponik. 
Alat atau bahan yang harus disiapkan

*Ember/Baskom 

*Botol  minuman bekas /Cup/gelas juz boleh baru atau 
bekas

*Kawat 

* Arang

* Bibit kangkung (bagian bawah kangkung yang berakar  sekitar 8-15 Cm) bagian atas nya bisa d tumis, alias memanfaatkan yang akan terbuang

Sebelum penanaman/pengaplikasian hidroponik , sebaiknya air yang akan dipakai pada wadah ember atau baskom sebaiknya didiamkan minimal selama dua hari, untuk menurunkan tingkat keasaman air.


Lobangi botol/cup bagian bawah secukupnya (± 10 Lobang; empat bagian bawah dasar, 6 samping kiri dan kanan bagian bawah) tujuannya supaya air mudah masuk sehingga akar tetap dalam keadaan basah -dalam air-, kemudian cantolkan/tusukkan kawat untuk pengait cup/ botol ke pinggir ember, dan isilah cup/botol dengan 5-8 bibit kangkung kemudian masukkan arang diantara bibit kangkung hingga setengah cup/botol atau kurang sedikit separuh juga bisa.

setelah itu letakkan di dalam ember atau baskom yang sudah di isi air sebelumnya, demikianlah caranya pembuatan hidroponik kangkung. Lama masa tanam sampai siap di petik lebih kurang dua Minggu setengah.



Penulis :

Ustadz : Yahya Amin. S.E.I
×
Berita Terbaru Update