Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Membentuk Remaja Masjid

04 March 2018 | Sunday, March 04, 2018 WIB Last Updated 2020-10-05T15:54:50Z
Kampoeng News


Kampoeng News - Remaja Masjid merupakan organisasi remaja Islam  yang berada di ruang lingkup masjid, atau lebih sederhana nya remaja Islam yang  tinggal  di wilayah sekitar Masjid. Remaja Masjid bisa di bentuk apabila pengurus Masjid berperan aktif untuk memberdayakan remaja yang  tinggal di sekitar Masjid. 

Apabila  Masjid Pengurus nya aktif dan sensitif  terhadap lingkungan sekitar, apalagi untuk masalah remaja, maka dapat dipastikan masjid tersebut akan ramai dengan kegiatan remaja. Tapi jika sebaliknya, pengurus Masjid diam dan pakum,  bahkan tidak mau tahu dengan lingkungan, maka bisa dipastikan masjid akan sepi dengan kegiatan remaja. 

Untuk saat ini Remaja Masjid sangat jarang sekali di temukan, apalagi  di zaman yang serba canggih.  Banyak kita  jumpai Masjid yang yang megah dan indah, namrun yang memakmurkan atau mengisi  Masjid di dominasi  orang-orang  yang sudah lanjut usia. Bahkan Yang lebih menyedihkan, Masjid seperti musium yang hanya di kunjungi  di waktu  tertentu saja.

Di riau, karena penulis tinggal  di Provinsi  Riau. Untuk remaja Masjid daat ini sangat sulit sekali kita temukan, apalagi  yang masih aktif mengadakan Kegiatan-kegiatan keagamaan, hanya beberapa  daerah saja barangkali yang Masih aktif remja Masjid nya.  
Sebenarnya apa sih penyebab utama remaja Masjid jarang kita temukan di Masjid -  masjid? 
1. Pengurus Masjid dan jamaah kurang peduli     dengan remaja sekitar. 
2. Tidak ada tokoh pemuda setempat yang menjadi penggerak berdirinya organisasi remaja masjid.
3. Banyak nya pemahaman atau aliran2 daerah setempat. 
4. Kurangnya kekompakan masyarakat  di wilayah setempat. 
5. Kurangnya SDM yang mampu untuk menjalankan organisasi  remaja Masjid.
6. Kurangnya pemahaman  agama yang benar di wilayah setempat
7. Jauhnya masyarakat  dari agama.

Mungkin 7 poin penting ini  yang menjadi penyebab di suatu daerah Masjid nya tidak aktif remaja nya.  Tetapi  itu sekuat tergantung  di wilayah daerah masing-masing. 

Namun di suatu daerah sering di jumpai remaja Masjid tapi hanya sekedar nama, dan pakum dari kegiatan, hanya membuat kegiatan pas ketika ramadhan  tiba. Di sini penulis juga akan memberikan tips agar organisasi  remaja Masjid tetap aktif dan selalu eksis dalam kegiatan, karena penulis juga masih menjadi Pembina organisasi  remaja  Masjid  yang hingga saat ini masih aktif. 
✔ Apabila ingin membentuk organisasi remaja  Masjid, undang seluruh remja diwilayah  kita, jangan lupa diundang juga para orang tua dan tokoh agama dan tokoh Masyarakat. 
✔ Pilihlah remaja yang mau di bimbing dan bekerja sama. Tidak perlu lah remaja yang pandai, yang diperlukan mereka yang aktif dan rajin ke Masjid.
✔Selalu damping pengurus untuk menjalankan kegiatan  yang sudah di rencanakan. 

Demikian tips singkat bagi yang mau membina remaja masjid. Semoga bermanfaat. ...wassalam. 

×
Berita Terbaru Update