Notification

×

Iklan

Besok Selasa 8 November 2022, Akan Terjadi Gerhana Bulan Total, Apa Dampaknya

Senin, November 07, 2022 | 11:40 WIB Last Updated 2022-11-07T04:53:21Z
Foto : Google

665 Views

KAMPOENG NEWS.COM. Dikutip dari media ternama Nasional, Suara.com - Masyarakat Indonesia akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan gerhana bulan 8 November 2022 nanti. Hal ini disampaikan oleh Thomas Djamaluddin selaku ahli astronomi dan astrofisika BRIN.

Masyarakat kemudian banyak bertanya mengenai jadwal , proses terjadinya fenomena ini, dan apa dampaknya yang akan dirasakan. Sedikit akan dibahas mengenai ketiga hal tersebut, dalam penjelasan singkat berikut ini.

Jadwal Terjadinya Gerhana Bulan 8 November 2022

Gerhana Bulan total sendiri akan terjadi pada hari Selasa, tanggal 8 November 2022 mendatang. Jika menurut perhitungan, gerhana akan mulai terjadi pada pukul 16.09 WIB. Prosesnya akan cukup panjang, dan berakhir pada pukul 19.49 WIB.

Masyarakat yang kebetulan dapat mengamati gerhana bulan ini bisa menikmati fenomena tersebut pada rentang waktu yang telah disebutkan. Nantinya ketika gerhana Bulan total terjadi, Bulan akan tampak berwarna merah.

Hal ini terjadi karena tidak ada cahaya matahari yang dipantulkan oleh Bulan, sebab posisi Bulan, Bumi, dan Matahari berada di satu garis lurus sehingga cahaya Matahari tertutup oleh Bumi.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Setiap planet dan satelit yang ada di Tata Surya memiliki tempo revolusinya masing-masing. Nah, gerhana Bulan terjadi saat revolusi Bulan dan Bumi tepat membentuk garis lurus dengan matahari.

Bumi yang mengitari Matahari dan Bulan yang mengitari Bumi, secara berkala akan membentuk satu garis lurus. Jika garis lurus ini terbentuk dengan urutan Matahari, Bulan, dan Bumi, maka yang terjadi adalah gerhana Matahari.

Namun jika urutannya adalah Matahari, Bumi, dan Bulan, maka yang terjadi adalah gerhana Bulan, seperti yang akan dapat dinikmati masyarakat Indonesia pada 8 November 2022 mendatang.

Apa Dampak Gerhana Bulan bagi Masyarakat dan Kondisi Bumi?

Jika mengacu pada berbagai sumber, kejadian gerhana bulan ini akan membawa beberapa dampak yang cukup signifikan dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berada di area pesisir dan dekat dengan laut.

Adanya kejadian gerhana bulan ini akan berpengaruh pada tingkat pasang air laut. Meski tidak secara langsung, namun masyarakat tetap diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dengan risiko-risiko yang ada.

Dinyatakan pula bahwa perkiraan banjir rob awal November tidak akan terjadi bersamaan dengan fenomena ini. Justru banjir rob diprediksi akan terjadi pada 7 November 2022 di area pantai Jawa Timur, dan 12 November 2022 di pantai Jawa bagian barat dan tengah.

Sumber : Suara.com
×
Berita Terbaru Update