Notification

×

Iklan

Kenapa Wanita Lebih Cepat Kelihatan Tua Dibandingkan Pria? Berikut Penyebabnya

Kamis, Maret 24, 2022 | 21:22 WIB Last Updated 2022-03-24T23:36:36Z

KAMPOENG NEWS.COM - Bukan rahasia lagi bahwa wanita hidup lebih lama daripada pria. Ini sepertinya kabar baik bagi para wanita, namun ada satu hal yang tidak mereka duga.

Ternyata wanita menua lebih cepat daripada pria. Dan tidak mengherankan, wanita memiliki banyak alasan untuk ini.

1. Wanita lebih menderita akibat stres daripada pria.

Berhubungan dengan Gangguan Mental
Menurut Dr. Judith Mohring, wanita lebih rentan terhadap gangguan mental, terutama jika mereka berhubungan dengan pekerjaan. Selain itu, perbedaan hormonal adalah yang menjelaskan semuanya. Fluktuasi hormon berhubungan dengan Depresi.

Terlebih lagi, Seasonal Affective Disorder mempengaruhi wanita lebih dari pria. Stres terus-menerus pasti mengarah pada penuaan dini.

2. Wanita yang melahirkan menua lebih cepat

Sebuah penelitian yang dilakukan di George Mason University membuktikan bahwa kehamilan membuat Anda terlihat 11 tahun lebih tua. Masalahnya, wanita yang pernah melahirkan memiliki telomere yang lebih pendek daripada mereka yang tidak pernah memiliki anak.

Semakin pendek telomer Anda, semakin tua penampilan Anda. Selain itu, stres saat hamil tidak jarang juga mempercepat proses penuaan. Namun, meskipun ada lebih sedikit kerutan di wajah pria, kerutan yang ada lebih dalam pada wanita

3. Kulit Pria lebih tebal

Estrogen bertanggung jawab untuk wajah wanita muda sementara testosteron khas pada pria. Tingginya kadar testosteron memperlambat penuaan.

Meskipun estrogen juga berfungsi sebagai hormon anti-penuaan, produksinya menurun lebih cepat daripada testosteron. Itu sebabnya wanita adalah yang pertama mendapatkan kerutan.

4. Menopause

Hilangnya hormon selama menopause mempercepat proses penuaan. Ketika wanita mengalami menopause, tubuh mereka berhenti memproduksi kolagen sebanyak dulu. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas kulit.

Sumber : Liputan6.com
×
Berita Terbaru Update