Notification

×

Iklan

Sambut Ramadhan, Warga Siabu Lakukan Tradisi Mandi Balimau Kasai

12 April 2021 | Monday, April 12, 2021 WIB Last Updated 2021-04-13T08:23:25Z

Tradisi penyucian diri "Balimau Kasai" di Danau Desa Siabu Kabupaten Kampar, Provinsi Riau 



KAMPOENG NEWS.COM -SIABU. Ribuan warga Desa Siabu memadati lokasi wisata dan perkemahan danau Siabu Kabupaten Kampar Provinsi Riau, untuk mengikuti tradisi penyucian diri yang disebut Balimau Kasai, Senin (12/5/2021).

Balimau Kasai adalah acara mandi bersama di Sunga atau di tepat pemandian lainya. Tradisi penyucian diri ini sudah jadi kegiatan rutin menjelang Ramadhan di beberapa kabupaten di Provinsi Riau.

Pejabat desa, tokoh adat dan tokoh masyarakat  ikut hadir dalam acara tersebut, mereka  mengharapkan agenda adat tersebut dapat dikemas menjadi acara yang harus dilestarikan.

Pengurus Remaja Islam Masjid Infaqul Mu'minin 

"Ini sudah menjadi 'event' tahunan. Agar jadi lebih meriah nanti kita jadikan sebagai 'event' Desa, sehingga kita bisa mengundang masyarakat luar. Bila perlu kita datangkan pejabat pemerintah, agar mereka tahu jika di desa kita juga masih melestarikan adat budaya Balimau Kasai" kata salah seorang Tokoh masyarakat.

Menurutnya, kegiatan ini bukan sekedar ritual tapi juga menjadi atraksi wisata. Masyarakat datang bersama keluarga dengan penuh gembira. Banyak yang membawa ban sebagai pelampung saat mandi di danau ini.

Pada acara tersebut juga ditampilkan beberapa aktraksi warga, diantaranya pertunjukan pencak silat yang dibawakan oleh perguruan silat yang ada di desa Siabu.

Sementara itu alunan musik tradisional juga dimainkan, menambah suasana bertambah semarak, ratusan pedagang juga memenuhi area acara Balimau Kasai, mereka menjajakan berbagai makanan ringan untuk para pengunjung.


Acara juga dimeriahkan dengan panjat pinang yang telah disediakan oleh panitia, tepuk tangan dan sorakan warga saling bersahutan melihat lucu dan atraksi para peserta yang berusaha mendapatkan hadiah yang dipasang di atas batang pinang.

Selanjutnya acara di akhiri dengan mandi bersama di danau wisata Siabu, sebagian warga mandi ke danau dengan membawa ban serta pelampung lainya, mereka membawa anak dan keluarga untuk mandi bersama meluapkan kegembiraan menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan.
×
Berita Terbaru Update