Notification

×

Iklan

Iklan

Nggak Suka Makan Daun Pepaya? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Lho Untuk Kesehatan!

27 April 2020 | Monday, April 27, 2020 WIB Last Updated 2020-04-27T18:03:29Z


Kampoengnews.comBercita rasa segar dan kaya serat, buah pepaya kerap dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Tak hanya itu, buah berwarna oranye ini juga dikenal sebagai obat sembelit alami karena bisa melancarkan pencernaan. Nah ternyata, bukan hanya bagian buahnya saja, daun pepaya juga baik dikonsumsi untuk Kesehatan, lho.

Bisa diolah dengan cara ditumis, direbus, atau dijadikan jus, daun pepaya mengandung serat yang tak kalah tinggi dari buahnya. Tak heran, daun ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.
Kira-kira, manfaat daun pepaya apa saja yang bisa kita dapatkan? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menstabilkan gula darah
Daun pepaya kerap digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko untuk menyembuhkan diabetes dan meningkatkan pengendalian gula darah.

Sebuah penelitian berjudul Hypoglycemic effect of Carica papaya leaves in streptozotocin-induced diabetic rats melakukan pengujian pada tikus yang memiliki diabetes. Hasilnya, konsumsi daun pepaya bisa melindungi sel di bagian pankreas yang memproduksi insulin dari kerusakan dan kematian prematur.
Hanya saja, belum dilakukan penelitian lanjutan, apakah efeknya akan sama pada manusia.

Ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala pencernaan yang tak nyaman, seperti kembung, begah, dan asam lambung naik.

Daun pepaya mengandung serat --nutrisi yang mendukung fungsi kesehatan pencernaan-- dan komponen unik bernama papain. Papain dikenal akan kemampuannya memecah protein supaya lebih mudah dicerna.

Penelitian berjudul Papaya preparation (Caricol®) in digestive disorders menemukan, tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya bisa mengurangi gangguan pada pencernaan, seperti sembelit dan mulas, pada orang-orang yang mengidap Irritable Bowel Syndrome (IBS).

 3.  Meredakan implamasi
Daun pepaya mengandung beragam nutrisi dan komponen yang berpotensi sebagai antiinflamasi, seperti papain, flavonoid, dan bitamin E. Dilansir Healthline, ekstrak daun pepaya bisa mengurangi inflamasi dan pembengkakan pada cakar tikus yang menderita arthritis.
Namun, pengujian ini baru dilakukan pada hewan, sehingga belum bisa dipastikan apakah daun pepaya bisa mengobati inflamasi akut pada manusia.

4. Meningkatkan kesehatan kulit
Daun pepaya yang dikonsumsi secara rutin, atau diaplikasikan pada kulit bisa membantu menjaganya tetap lembut, cerah, dan awet muda. Enzim pelarut protein dalam pepaya bernama papain bisa digunakan untuk mengangkan kulit mati dan mengurangi munculnya pori-pori tersumbat dan jerawat.
Selain itu, enzim daun pepaya tersebut juga bisa mempercepat penyembuhan luka.

5. Anti kanker
Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan buah serta daun pepaya untuk menyembuhkan gangguan kesehatan kompleks seperti kanker. Mengonsumsi jus daun pepaya bisa mengaktifkan komponen utama pada sistem imun yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari stres, khususnya akibat kemoterapi.

Selain itu, komposisi pyhtochemical pada jus daun pepaya juga bisa berfungsi sebagai antitumor dan mencegah tumbuhnya sel kanker. 
Sumber : kumparan.com
×
Berita Terbaru Update