Notification

×

Iklan

5 Tips Mudah Aktif Organisasi Dan Tetap Berprestasi Di Kampus Atau Sekolah

20 October 2018 | Saturday, October 20, 2018 WIB Last Updated 2021-02-15T15:51:04Z
Kampoeng News.

Organisasi remaja Musholla Siabu Kampar

Kampoeng News.Com.  Bagi kamu mahasiswa atau pelajar yang aktif berorganisasi di lingkungan kampus atau sekolah bahkan organisasi di masyarakat, akan menjadi nilai tambah bila dapat menjaga keseimbangan antara akademik dan non akademik. Kegiatan organisasi memang menyita banyak waktu. 

Hal ini terkadang menjadi kendala dan membuat pengaruh belajar beberapa mahasiswa ataupun siswa. Lalu apa saja yang harus dilakukan mahasiswa atau pelajar agar tetap berprestasi walaupun aktif dalam organisasi.

1. Membuat Agenda (Perecanaan)
Membuat time table agar kegiatan rutinmu bisa berjalan dengan baik.

Kesibukan akan membuat sebagaian mahasiswa atau pelajar membutuhkan perencanaan yang matang untuk menyusun jadwal kegiatan sehari-hari. Membuat agenda dapat menjadi tips awal agar kamu tidak melewatkan rapat organisasi, kepanitiaan, acara kampus maupun tugas-tugas yang di berikan dosen atau guru di sekolah.

2. Jangan Salah Pilih Organisasi
Setiap kampus atau sekolah memiliki organisasi yang bervariasi. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa atau pelajar yang cerdas harus dapat memilih organisasi mana yang sesuai. Organisasi memang penting untuk meningkatkan pengalaman selama menjadi mahasiswa atau pelajar dan sebagai pembelajaran di luar materi kuliah dan pelajaran di sekolah. Tapi kamu harus ingat, tujuan awal kamu adalah untuk kuliah atau sekolah . Jadi, kamu harus tetap menyeimbangkan antara kuliah atau sekolah dan organisasi dengan skala prioritas.

3. Harus Tetap Menjaga Kesehatan
Kesibukan tidak boleh menghalangi kamu untuk tetap menjaga kesehatan. Konsumsi asupan yang bergizi, tetap menyempatkan waktu untuk berolahraga, dan tidak memaksakan diri apabila sudah merasa kondisi badan terlalu lelah. Badan yang sehat akan mempermudah kamu untuk tetap melakukan kegiatan akademis dan berorganisasi.

4. Manfaatkan Waktu Belajar dan Aktif di Kelas
Agar tidak ketinggalan materi kuliah atau pelajaran manfaatkan waktu menyerap ilmu dengan beberapa cara. Membuat catatan yang lengkap, aktif di kelas seperti tanya jawab untuk menambah nilai akademis kamu. Jika ada materi yang kurang di mengerti, jangan malu untuk bertanya kepada dosen atau guru.

5. Mengulang Mata Kuliah Atau Pelajaran
Di tengah-tengah kesibukan, sempatkan untuk mengerjakan tugas kuliah atau tugas sekolah, selalulah mengulang materi meskipun hanya sebentar. Berusaha serius dengan keterbatasan waktu yang kamu miliki. Lebih baik sedikit tetapi teratur dari pada belajar dengan sistem kebut semalam. Hindari untuk menerapkan belajar sistem kebut semalam dalam menghadapi UTS maupun UAS.

Jadilah mahasiswa atau pelajar yang hebat dalam akademis maupun non-akademis. Atur waktumu dengan baik apabila ingin mengikuti banyak aktivitas. Ingat, kesuksesan ada di tanganmu sendiri.

Apalgi bagi mahasiswa atau pelajar yang aktif ikut kegiatan organisasi di luar sekolah, seperti organisasi di masyarakat, misalnya organisasi kepemudaan, karang taruna dan oraganisasi remaja Masjid atau Musholla.

Maka harus super aktif untuk mampu membagi waktu dan mengulang mata kuliah atau Pelajaran dengan baik. Sehingga aktifitas kuliah atau sekolah tidak terganggu dengan kesibukan aktifitas organisasi yang di ikuti.

×
Berita Terbaru Update