Notification

×

Iklan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Kita

24 September 2018 | Monday, September 24, 2018 WIB Last Updated 2018-09-25T04:14:02Z
Kampoeng News 

Sumber gambar : kabartani.com

SALO KAMPAR - Hampir setiap dapur rumah tangga pasti menyimpan jahe. Jenis bumbu dapur ini juga terkenal dipakai untuk masakan India dan Asia. Di balik wangi dan rasanya, jahe mempunyai khasiat lain bagi kesehatan. Dilansir melaluiHealth.com, akar jahe bahkan disebut sebagai obat mujarab yang dipakai para praktisi kedokteran barat. 
Di antaranya kasiat jahe adalah :

1.Meredakan Mual
Sering mendapat nasihat makan permen jahe agar tak mabuk di perjalanan? Saran tersebut bukan sekadar omongan biasa. Jahe memang bisa membantu menenangkan perut yang sakit. Penelitian menunjukkan, jahe dapat meredakan rasa mual saat berada di perjalanan, mual ketika hamil, bahkan usai melakukan kemoterapi. Sebuah studi lain di Thailand menyebutkan, jahe bisa bekerja sebaik kinerja dimenhidrinat atau bahan aktif dalam obat-obatan yang dijual bebas. Biasanya obat ini diberikan untuk mencegah dan mengobati mual pada wanita hamil.

2.Mengurangi Kembung dan Sembelit
Jahe juga bisa mengatasi permasalahan kembung dan sembelit berkat enzim pencernaan bernama Zingibain yang membantu tubuh memecah protein. Senyawa tersebut berpotensi membantu makanan yang dikonsumsi melewati sistem pencernaan lebih mudah sehingga mengurangi rasa kembung, gas, atau sembelit. Ketika perut terasa seperti 'ikan buntal', sebaiknya konsumsi secangkir jahe panas. Seduh beberapa irisan jahe dalam secangkir air panas, dan diamkan selama lima sampai 10 menit. Minumlah perlahan.

3.Melawan Infeksi
Jus jahe segar atau smoothie dapat menjadi pilihan terbaik untuk melawan virus di dalam tubuh. Senyawa aktif Gingerol memiliki peranan penting memberantas virus. Dalam sebuah studi laboratorium yang diterbitkan di dalam Journal of Ethnopharmacology menyebutkan bahwa jahe segar efektif melawan virus pernapasan manusia syncytial (HRSV), yakni penyebab utama dari infeksi pernapasan.

4.Atasi Kram Menstruasi
Perut kram saat menstruasi kerap dialami perempuan. Sebuah studi di Iran yang diterbitkan di dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine mencatat bahwa jahe efektif menghilangkan nyeri saat menstruasi. Para peserta studi tersebut diberi kapsul bubuk jahe 250 miligram, dan meminumnya empat kali sehari selama tiga hari segera setelah masuk menstruasi di hari pertama. Kapsul bubuk jahe juga bisa diganti dengan seduhan dua sendok makan jahe segar hangat.

5.Obat Radang
Gingerol merupakan jenis antioksidan di dalam jahe yang bisa membantu mengurangi peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan, suplemen ekstrak jahe atau salep jahe topikal bisa mengurangi kaku dan rasa sakit pada penderita osteoarthritis.

Sumber artikel: www.republika.co.id
×
Berita Terbaru Update