Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan ylx

Adssense 234x60

Makanan dan Minuman Ini Yang Buat Kentut Anda Makin Bau

Senin, Januari 17, 2022 | 10:02 WIB Last Updated 2022-01-17T03:04:38Z
Foto : Klikdokter.com


649 Views

KAMPOENG NEWS.COM. Makanan dan Minuman Ini Bikin Kentut Makin Bau, sebagaimana di kutip dari situs kesehatan terkemuka di Indonesia
Klikdokter.com, Kentut bisa terjadi akibat terbentuknya udara oleh gas yang diproduksi dari metabolisme bakteri di usus. Selain itu, kentut juga bisa disebabkan oleh makanan atau minuman.

Bahkan, beberapa makanan tertentu dapat membuat kentut berbau tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kentut bau yang mungkin ingin Anda hindari:

1. Brokoli dan Kembang Kol
Makanan pertama yang menyebabkan bau kentut, yaitu brokoli dan kembang kol. Kedua sayuran ini tinggi serat dan mengandung jenis karbohidrat yang tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, bakteri yang terdapat di dalam usus besar bisa memanfaatkan serat untuk menghasilkan energi. Proses metabolisme inilah yang kemudian menimbulkan gas dan menjadi penyebab kentut bau.

2. Susu, Keju, dan Yoghurt
Susu dan produk olahannya menjadi jenis makanan penyebab kentut bau. Ini karena tidak semua orang dapat dengan mudah mencerna kandungan laktosa pada susu. Faktanya semakin usia bertambah, semakin sulit tubuh mencerna susu.

Nah, untuk mencerna kandungan laktosa dalam susu tersebut, tubuh membutuhkan enzim laktase yang cukup.

Pada akhirnya, proses metabolisme ini dapat membuat perut kembung dan sembelit. Saat mengalami sembelit, feses yang seharusnya keluar tertahan di usus besar. Hal inilah yang membuat bakteri penyebab kentut bau berkembang.

3. Kacang-kacangan
Menurut penelitian yang diterbitkan di Nutritional Journal, sebagian besar kacangan-kacangan mengandung serat dan gula yang tinggi. Inilah alasan kacang-kacangan menjadi makanan yang menyebabkan kentut bau.

Pasalnya, bakteri pada usus akan memecah kandungan gula tinggi dalam kacang-kacangan untuk menghasilkan berbagai macam gas, seperti hidrogen, metana, hingga belerang.

4. Minuman Bersoda
Pada umumnya minuman berkarbonasi mengandung pemanis buatan yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Hal ini menyebabkan gula tersebut difermentasi oleh bakteri. Akibatnya, terjadi peningkatan frekuensi kentut disertai bau yang menyengat.

5. Daging 
Daging sapi dan babi menjadi makanan penyebab kentut bau akibat kandungan methionine, asam amino yang mengandung belerang penghasil aroma seperti telur busuk. Selain itu, lemak pada daging dapat memperlambat proses pencernaan.

Hal ini otomatis akan memberi waktu pada bakteri untuk menghasilkan gas yang lebih menyengat. Untuk menghindari aroma tidak sedap ini, Anda dapat menggantinya dengan daging ikan atau ayam.

Konsumsi bawang kerap dihindari karena dapat menimbulkan bau mulut serta bau badan. Tidak hanya itu, bawang ternyata juga bisa menjadi penyebab kentut bau.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa fruktan dalam bawang yang dapat membuat kentut bau. Senyawa ini juga menyebabkan penumpukan gas di lambung serta menimbulkan masalah pada usus besar.

7. Gula Alkohol
Gula alkohol, seperti sorbitol dan xylitol banyak ditemukan pada minuman diet, permen bebas gula, hingga permen karet. Pemanis tipe ini tidak dapat dicerna secara sempurna oleh tubuh sehingga dapat menimbulkan penumpukkan gas berbau di usus. Inilah yang menjadikan gula alkohol menjadi makanan penyebab kentut bau.

8. Telur
Telur mengandung metionin, yang mengandung sulfur di dalamnya. Pada beberapa orang yang alergi, konsumsi telur dapat membuat perut kembung dan mengeluarkan gas kentut yang berbau busuk.

Maka dari itu, hindari konsumsi telur bersamaan dengan minuman dan makanan yang menyebabkan bau kentut. 

9. Buah-buahan
Beberapa jenis buah, seperti apel, mangga dan pir, mengandung fruktosa yang tinggi serta serat. Pada sebagian orang, fruktosa tidak dapat dicerna dengan baik sehingga menimbulkan gas di perut. Tidak jarang ini menjadi penyebab kentut bau. 

Itulah minuman dan makanan penyebab kentut makin bau. Tapi ingat, penyebab kentut berbau sangat beragam dan bisa juga menandakan adanya masalah kesehatan serius. Jadi, jika bau kentut sudah sangat mengganggu dan terjadi terus-menerus, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.
Sumber : Klikdokter.com
×
Berita Terbaru Update