Notification

×

Iklan

Iklan

Antisipasi Musim Kemarau, Warga Bendung Sungai Untuk di Alirkan Ke Pemukiman Warga Agar Tidak Kekurangan Air Bersih

26 September 2021 | Sunday, September 26, 2021 WIB Last Updated 2021-09-27T07:51:57Z

KAMPOENG NEWS.COM - SALO. Puluhan warga Sungai Abang kecamatan Salo kabupaten Kampar, bergotong royong membangun bendungan di bantaran sungai untuk di alirkan ke pemukiman warga, pada hari Minggu, 26 September 2021.

Ide pembuatan bendungan ini bermula dari inisiatif salah seorang warga yang selalu kesulitan air ketika musim kemarau tiba, beliau adalah Bapak Selamet Walyono.

Mulanya Bapak Selamet mengajak beberapa warga yang juga mengalami kekeringan, mereka membuat pompa air di sungai, pompa Hidram, hasil pompa tersebut dialirkan dengan pipa ke rumah warga, namun usahanya terkendala pendanaan.

" Dulu kami sudah pernah buat pompa air pak, untuk mengantisipasi musim kemarau, warga yang kesulitan air bisa teratasi, namun itu tidak lama, karena dana hanya dari iuran warga, untuk beli pipa saja gak cukup", ungkapnya.

Beliau menambahkan," Warga yang ikut membuat pompa air adalah mereka yang berada di dataran tinggi, sehingga sumur mereka kering ketika musim panas,".

Berkat upaya mereka bendungan air akan dibangun permanen, dengan bantuan dana Pemda dikerjakan langsung sesuai arahan dinas PU.

" Alhamdulillah berkat kerjasama kami yang dibantu oleh pemerintah desa, kami mendapatkan bantuan untuk membuat bendungan permanen, dan nantinya 75 rumah warga akan teratasi mengenai air bersih, tambahnya.

Saat ini bendungan mulai dikerjakan oleh tukang yang ditunjuk langsung untuk membangun bendungan tersebut, ditargetkan dalam waktu dua bulan bendungan akan selesai.
×
Berita Terbaru Update