Notification

×

Iklan

Desa Siabu Gelar Padat Karya Tunai (PKT), Membersihkan Dan Membuat Parit Secara Manual, Warga Yang Ikut Dapat Upah!

Rabu, Juli 01, 2020 | 10:59 WIB Last Updated 2020-08-04T08:07:59Z
Kepala Desa Siabu, Babinkamtibmas, Kepala Dusun dan warga sedang berfoto bersama setelah selesai mengerjakan pembuatan parit dan jalan ke kebun warga.

KAMPOENG NEWS-SIABU. Desa Siabu kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau , mulai melaksanakan kegiatan padat karya Tunai.

Kegiatan tersebut sebagai upaya memberdayakan masyarakat selama pandemi virus Corona (Covid-19) agar mendapat penghasilan.

Sebagaimana Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepala desa agar menggelontorkan dana desa untuk program padat karya tunai.

Untuk diketahui, program padat karya tunai bertujuan untuk memberikan penghasilan kepada pekerja harian yang kehilangan pendapatan karena berbagai pembatasan sosial di tengah pandemi Covid-19.

Dana desa bisa digunakan untuk menyediakan bantuan sosial bagi warga desa, hal ini telah dilaksanakan oleh pemerintah Desa Siabu beberapa waktu yang lalu, dana desa bisa juga digunakan untuk mengadakan program padat karya tunai berupa pembangunan infrastruktur desa atau selainnya.

Sebab masyarakat yang mengikuti kegiatan padat karya tunai di desanya masing-masing akan mendapat upah.

Kegian padat karya tunai juga dilaksanakan di Desa Siabu Kecamatan Salo kabupaten Kampar Riau, pada Rabu, 01 Juli 2020 yang dilaksanakan di beberapa titik pekerjaan.

Sasaran kegiatan padat karya tunai antaralain membersihkan  galian parit secara manual, dan pembuatan jalan menuju perkebunan warga dan membersihkan lingkungan permukiman penduduk serta kegiatan masal lainnya.

Kegiatan padat karya tunai tersebut cukup membantu masyarakat di tengah pandemi Corona, sebab memberikan penghasilan tambahan.

Setiap warga yang ikut dalam kegiatan tersebut mendapatkan upah, hal ini agar membatu mereka mendapatkan penghasilan tambahan di tengah dampak ekonomi akibat Corona.

Padat Karya Tunai di pantau langsung oleh kepala Desa Siabu Heri A Firdaus, didampingi oleh Kepala Dusun dan perangkat desa lainya.

Babinkamtibmas juga turut hadir mengawasi kegiatan PKT, yang lokasinya di Dusun Pinaso dan Dusun Sungai Abang.

Padat Karya Tunai dilaksanakan agar mampu  memupuk rasa kebersamaan antar warga untuk bergotong royong membangun desa, demi kemajuan Bangsa dan Negara.
Dengan moto " Desa Membangun Indonesia".
×
Berita Terbaru Update