Notification

×

Iklan

Ayo Pilih Caleg Putra Daerah, Agar Aspirasi Tersalurkan

26 December 2018 | Wednesday, December 26, 2018 WIB Last Updated 2018-12-26T16:14:08Z
Siswoyo SE. Caleg DPRD KAMPAR, saat berfoto bersama dengan masyarakat untuk menjalin komunikasi yang lebih baik

 Siabu Kampar - Calon pemilih disarankan untuk memilih calon anggota legislatif (caleg) dari daerahnya sendiri. Dengan demikian lebih gampang menuntut pertanggungjawaban setelah caleg tersebut terpilih.

Pengamat politik Universitas Sumatera Utara (USU) Ahmad Taufan Damanik menyatakan, sebagaimana di kutip dari wwwdetik.com, selain mempertimbangkan kapasitas para caleg, calon pemilih juga harus mempertimbangkan keterikatan caleg dengan daerah mereka.

Meski akan ada pengecualian pada orang-orang tertentu yang meski bukan berasal daerah tersebut namun memiliki komitmen tinggi membela masyarakat daerah tersebut, tetapi secara umum akan lebih aman bagi pemilih untuk menyeleksi caleg-caleg yang memang berasal dari daerah mereka sendiri.

Lebih gampang menelusuri jejak rekamnya, dan lebih mudah menuntut pertanggungjawabannya setelah terpilih nantinya, karena caleg tersebut memiliki akar yang kuat di daerah asalnya.

Sementara mengenai kapasitas, calon pemilih harus melihat kemampuan para caleg karena para caleg itu bakal menjadi legislator, sesuai dengan tugasnya, kapabilitas itu menyangkut kemampuan mereka mengenai legislasi, bujeting dan pengawasan.

Karena itu, kapabilitas dapat diukur dari kemampuan mereka memahami tata negara, perundang-undangan, aspek legal, merancang pembangunan dan anggaran. Untuk perancangan pembangunan dan anggaran, berarti caleg mesti lah faham apa masalah pembangunan di daerah yang diwakilinya, apa skala prioritas di daerah tersebut.

Berkaitan dengan poin-poin terakhir inilah, diperlukan pemahaman dan kedekatan caleg dengan daerah yang akan diwakilinya, kedekatan mereka kepada masyarakat setempat dalam arti dekat dengan dinamika sosial, ekonomi dan budaya masyarakat.

Dalam konteks ini, semakin logis juga bila pemilih lebih mungkin menilai caleg yang dekat dengan daerahnya karena hanya yang dekat dengan daerahnyalah yang paling mungkin dinilai, sementara yang datang dari luar atau yang jarang berada di daerah itu, meskipun putra daerah, akan sangat  mungkin mengelabui pemilih dengan publikasi dan yang lainya.

Dan yang paling penting pemilih harus bisa menjalin komunikasi sebaik-baiknya, karena jika sang caleg berhasil meraup suara yang lumayan, dan mengantarkan dia ke kursi dewan, pemilih akan terbiasa dengan komunikasi sebelumnya. Sehingga keluhan dan harapan bisa dengan mudah menyampaikan.
×
Berita Terbaru Update