Notification

×

Iklan

Iklan

Jaga Lima Kesempatan Sebelum Datang Yang Lima

22 February 2018 | Thursday, February 22, 2018 WIB Last Updated 2018-02-23T05:14:26Z
Kampoeng News
Rasulullah  SAW  Bersabda. "Manfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara masa mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu,kayamu sebelum miskinmu, senggangmu sebelum sibuk mulu,  hidupmu sebelum matimu.
 (HR. Hakim )

Dalam hadis ini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam memberikan motivasi kepada kita untuk memanfaatkan sebaik-baiknya lima perkara sebelum datang 5 perkara.
 Lima perkara itu adalah :

1. Masa muda sebelum datang masa tuamu.
Seseorang di saat usianya masih muda bentuk fisik, ingatan dan tenaga semuanya semuanya masih prima seharusnya digunakan pada sesuatu yang bermanfaat, kalau tidak maka apa yang akan diharapkan di usia tua? pada saat itu fisik ingatan tenaga dan kekuatannya sudah melemah untuk itu gunakanlah masa mudamu untuk banyak berkarya beribadah dan menjadi pemuda pemudi yang sholeh dan bermanfaat bagi orang lain. Apabila masa mudanya disia-siakan maka sesungguhnya dia telah menyia-nyiakan dirinya sendiri, dan dimasa tua dia akan memperoleh penyesalan yang tidak ada gunanya.

2.  Sehat sebelum datang sakit.
Hendaklah kita mempergunakan kesehatan kita untuk ketaatan kepada sang pencipta karena seseorang yang dalam keadaan sakit pasti dia akan menyesali kenapa ketika sehat dia tidak memanfaatkannya dengan baik,  oleh karena itu manfaatkanlah kensehatmu untuk belajar dengan tekun dan rajin, jangan menunda-nunda hingga waktu yang kita tidak tahu kapan kita akan kehilangan sehat kita. Karena sehat dan sakit semua ada ditangan Allah Subhanahu Wa Ta'ala,termasuk karunia Allah ta'ala. Apabila seseorang beramal kebaikan di waktu sehat dan terus menerus mengamalkannya kemudian Ia sakit dan tidak bisa beramal maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala tetap menulis pahala kebaikan baginya sampai ia sehat kembali.

3. Kaya sebelum datang miskin.
 Apabila seseorang sudah mempunyai kelebihan harta hendaklah ia menggunakan pada jalan-jalan kebaikan karena ia tidak tahu apa yang akan menimpa dirinya, bisa saja suatu musibah menimpa dirinya lalu ia menjadi miskin, sebaliknya orang yang menggunakan hartanya pada jalan-jalan kebaikan untuk bersedekah berinfaq zakat dan saling memberi dengan sesamanya maka ia akan menjadi penjaga diri dan juga hartanya.

4. Masa senggang sebelum datang kesibukan
Ketika seseorang mempunyai waktu senggang hendaklah Ia segera menggunakannya pada sesuatu yang bermanfaat seperti beribadah,berbuat baik dengan sesama karena ia tidak tahu apa yang terjadi pada hari esok. Bisa jadi besok datang banyak kesibukan sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk yang bisa  melakukan pekerjaan di waktu yang singkat.
" Rasulullah bersabda : "ada dua nikmat kebanyakan manusia terpedaya padanya yaitu sehat dan waktu senggang".

5.  Hidup sebelum mati
Hidup ada di depanmu akan tetapi kematian bukan milikmu dan tidak berada ditangan untuk.  Gunakanlah kesempatan hidup untuk beramal ketaatan sebanyak-banyaknya, berbuat baik dengan sesama saling memberi  dan berkarya, sehingga ketika meninggal maka amalan yang di kerjakan akan selalu mengalir kepada kita, hidup terkadang jarang manusia memanfaatkanya dengan sebaik-baiknya sehingga banyak ketika mati masih dalam keadaan lalai dan lupa kepada penciptanya.
×
Berita Terbaru Update